ad#2

Kamis, 29 September 2016

FIQIH SHALAT part 6

🔵 FIQIH SHALAT part 6

🔰RUKUN2 SHOLAT YG TERJADI PERBEDAAN DALAM PELAKSANAANYA

🔹Niat✔
🔹Takbirathul ihram ✔
🔹Alfatihah ✔
🔹Itidal ✔
🔹Sujud ✔
🔹Duduk tasyahud akhir
🔹Sholawat
🔹Salam

💥 DUDUK TASYAHUD AKHIR

Duduk tasyahhud akhir merupakan rukun shalat menurut jumhur ulama.

Namun dalam pelaksanannya para ulama berbeda pendapat ttg masalah posisi duduknya.

👥 Mazhab Al-Hanafiyah

Menurut Al-Hanafiyah, posisi duduk tasyahhud akhir sama dengan posisi duduk antara dua sujud, yaitu duduk iftirasy.

" Dan posisi duduk (tahiyat) akhir seperti posisi duduk pada (tahiyat) awal, sebagaimana kami riwayatkan dari hadits Wail dan Aisyah. Dan posisi itu lebih enak buat badan, lebih utama dari duduk tawaruk yang menjadi pilihan Imam Malik.
( Ibnul Humam, Fathul Qadir, jilid 1 hal. 316 )

Dasar atas fatwa ini adalah hadits berikut :

عَنْ وَائِل بنِ حجر t قَدِمْتُ المَدِيْنَةَ لأَنْظُرَنَّ إِلَى صَلاَةِ رَسُوْلِ الله فَلَمَّا جَلَسَ افْتَرَشَ رِجْلَهُ اليُسرَى وَوَضَعَ يَدَهُ اليُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ اليُسْرَى وَنَصَبَ رِجْلَهُ اليُمْنَى

Dari Wail Ibnu Hajar,"Aku datang ke Madinah untuk melihat shalat Rasulullah SAW. Ketika beliau duduk (tasyahhud), beliau duduk iftirasy dan meletakkan tangan kirinya di atas paha kirinya dan menashabkan kakinya yang kanan".
(HR. Tirimizy)

👥 Mahzab Al-Malikiyah

Adapun Al-Malikiyah sebagaimana diterangkan di dalam kitab Asy-Syarhu Ash-Shaghir menyunnahkan untuk duduk tawaruk baik pada tasyahhud awal maupun untuk tasyahhud akhir.

👉🏻 Dalilnya
" Dari Ibnu Mas'ud berkata bahwa Rasulullah SAW duduk di tengah shalat dan akhirnya dengan duduk tawaruk."

👥 Mazhab Asy-Syafi’iyah dan Al-Hanabilah

Sedangkan jumhur ulama menetapkan bahwa posisi duduk untuk tasyahhud akhir adalah duduk tawaruk. Posisinya hampir sama dengan istirasy, namun posisi kaki kiri tidak diduduki melainkan dikeluarkan ke arah bawah kaki kanan. Sehingga duduknya di atas tanah tidak lagi di atas lipatan kaki kiri seperti pada iftirasy.

Asy-Syafi'iyah dan Al-Hanabilah Mereka sama-sama berpendapat bahwa untuk duduk tasyahhud akhir, yang disunnahkan adalah duduk tawaruk ini.

Namun keduanya berbeda pendapat ketika bicara tentang duduk tasyahhud akhir untuk shalat yang dua rakaat atau satu rakaat, tidak ada tasyahhud awalnya, seperti shalat shubuh, shalat Jum’at, shalat witir satu raka’at, shalat Dhuha, shalat Idul Fithri dan Idul Adha serta umumnya shalat-shalat Sunnah yang lainnya.

Pertanyaannya : apakah sholat dua rakaat atau satu rakaat itu duduknya tawaruk atau iftirasy?

👥 Mazhab Syafi'i

Madzhab Syafi’i berpendapat bahwa duduk pada saat tasyahud akhir baik yang memiliki dua raka’at maupun yang hanya memiliki satu tasyahud ( satu rakaat ) maka semuanya dilakukan dengan duduk tawarruk.

👉🏻 Dalil
hadits Abu Humaid As Sa’idi, beliau berkata:

“Aku adalah orang yang paling hafal shalatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam diantara kalian. Aku melihat beliau apabila bertakbir maka beliau mensejajarkan kedua tangannya dengan kedua pundaknya, apabila beliau ruku’ maka beliau meletakkan kedua tangannya diatas kedua lututnya kemudian beliau meluruskan punggungnya, apabila beliau bangun dari ruku’ maka beliau berdiri tegak hingga tulang punggungnya kembali ketempat asalnya, apabila beliau sujud maka beliau meletakkan kedua tangannya tanpa menidurkan kedua lengannya dan juga tidak melekatkannya (pada lambungnya) serta beliau menghadapkan jari-jari kaki beliau kearah kiblat, apabila beliau duduk pada raka’at kedua maka beliau duduk diatas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya (duduk iftirasy), dan apabila beliau duduk pada raka’at terakhir maka beliau mengedepankan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya serta beliau duduk diatas tempat duduknya –bukan diatas kaki kirinya- (duduk tawarruk).
(HR. Al Bukhari).

👉🏻 Dalil 2
“Hingga tatkala sampai sujud terakhir yang ada salamnya, maka Nabi mengeluarkan kaki kirinya dan beliau duduk dengan tawarruk diatas sisi kiri beliau.”
(HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

👉🏻 Dalil 3
“Hingga tatkala sampai pada sujud yang merupakan penutup shalat, maka beliau mengangkat kepalanya dari dua sujud tersebut dan beliau mengeluarkan kakinya serta duduk tawarruk diatas kakinya.”
(HR. Ibnu Hibban).

👉🏻Dalil 3
“Apabila sampai kepada raka’at terakhir yang menutup shalat, maka beliau mengeluarkan kaki kirinya dan beliau duduk tawarruk diatas sisinya kemudian beliau salam.”
(HR. An Nasa’i)


👥 Madzhab Hanbali

Madzhab Hanbali berpendapat bahwa untuk shalat yang hanya memiliki satu tasyahud entah itu sholat dua rakaat atau satu rakaat maka duduknya adalah duduk iftirasy.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah rahimahullah,

‘Dan tidaklah dilakukan duduk tawarruk kecuali pada shalat yang memiliki dua tasyahud, yaitu pada tasyahud yang kedua'
( al mughni jilid 2 hal 227 )

👉🏻Dalil :
“Adalah beliau (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) mengucapkan tahiyyat pada setiap dua raka’at, dan beliau menghamparkan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya
(duduk iftirasy).
(HR. Muslim).

👉🏻 Dalil 2 :
“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila duduk pada dua raka’at, beliau menghamparkan yang kiri dan menegakkan yang kanan (duduk iftirasy).”
(HR. Ibnu Hibban).


Nah kalo kita melihat ada orang yg sholat dua rakaat entah itu sholat jumat atau subuh, apabila duduknya tasyahud awal ( iftirasy ) maka ini paham mazhab hanbali.

Sedangkan kalo duduknya tawaruq ( duduk tasyahud akhir ) maka ini paham Syafi'i.

Keduanya juga mempunyai dalil yg kuat, maka silakan anda memilihnya tanpa menjelekan atau menyalahi yg tidak sependapat dgn anda.

Wallahualam..

Bersambung ke part 7..

Sumber : Kitab Seri Fiqih Kehidupan Jilid 3

Ustad Ahmad zakarsih.Lc selaku Dosen pembimbing universitas Sekolah Fiqih

#bangronay
www.bangronay.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar