APAKAH LAFADZ BASMALAH TERMASUK BAGIAN DARI SURAT ALFATIHAH??
( bismillahirrahman nirrahim ) didalm alfatihah.
Ada sebagian imam sholat tidak membaca basmalah saat membaca surat alfatihah, ada yg membacanya tapi sirr alias pelan, dan ada juga yg dibaca secara jahar alias keras.
Dan kalo kita runut kebelakang, ternyata berhulu dari perbedaan pendapat dikalangan ulama ttg apakah lafadz basmalah itu bagian dari surat alfatihah atau bukan.
Mazhab hanafiyah.
Mazhab ini mengatakan bahwa lafadz basmalah bukan bagian dari alfatihah, kaloupun kita membacanya di awal surat alfatihah maka kedudukannya sunnah ketika membacanya.
Sunnah untuk membaca basmalah dgn suara sirr atau lirih ( pelan ).
Alkasani ( w.587 H )
Ulama mazhab hanafiyah mengatakan :
" menurut ulama kami basmalaah itu bukan termasuk surat alfatihah dan juga bukan termasuk awal dari surat "( badai' as-shanai', jilid 1 hal .203 )
Mazhab Malikiyyah.
Dlm pandangan mazhab malikyah, basmallah bukan bagian dari surat alfatihah. Sehingga tidak boleh dibaca dlm sholat, baik sholat wajib atau sunnah. Baik itu sholat jahriyah atau sirriyah.
Al-Imam Malik ( w.179H )
" didalam sholat tidak perlu mebaca bismillahhirrahmannirrahim, yaitu dlm sholat fardhu, tidak sirr ( pelan ) dalam hati dan tidak jahar ( keras )."
( Al-mudawwanah, jilid 1 hal.162 )
Dasar dalilnya :
Dari annas bin malik ra, " aku sholat dibelakang Rosulullah saw, abu bakar ra, umar ra, ustman ra dan ali ra. Mereka memulai bacaan dgn membaca alhamdulillahi robbil alamin, dan tidak membaca basmallah di awal bacaan atau akhirnya "
( HR.Bukhori Muslim )
Mazhab As-Syafi'iyah.
Menurut mazhab ini bahwa basmallah itu bagian dari alfatihah maka wajib dibaca dgn jhar ( dikeraskan ) oleh imam sholat dlm sholat jahriyyah ( keras ).
An-Nawawi ( w.676H )
" ayat bismillahirrahmanirrahim adalah ayat yg sempurna yg merupakan ayat pertama dari alfatihah tanpa adanya perbedaan pendapat. Sedangkan pada surat2 lainnya kecuali barrah menurut mazhab juga termasuk ayat sempurna dari awal tiap surat"
( Raudhatu Ath-Thalibin wa Umdatu al-muffiyyin jilid 1 hal 242 )
dalilnya :
Dari abu horairah ra, bahwa Nabi Saw bersabda :
" bila kamu membaca surat Alfatihah, maka bacalah basmallah, karena basmallah adalah salah satu ayatnya "
( HR.Ad-Daraquthny )
" fatihatul kitab ( suarat alfatihah ) berjumlah 7 ayat. Ayat pertama adalah bismillahhirrahmannirrahim"
( HR.Al-Baihaqi )
Mazhab Hanabillah
Dlm pandangan mazhab ini basmallah ialah bagian dari surat alfatihah, namun tidak dibaca jahar ( keras ), cukup dibaca pelan saja ( sirr ).
Bila kita dengar dan perhatikan imam masjidil haram mekah, tidak terdengar membaca basmallah, namun mereka membacanya. Umumnya orang2 di arab saudi bermazhab hanabillah.
Ibnu qodamah ( w.620H )
" dan tidak menjaharkan ( keras ) basmallah. Menjaharkan tidak disunnahkan "
( Al-Mughni, jilid 1 hal 344-345 )
Kesimpulannya :
Kita harus saling menghargai perbedaan pendapat, karena perbedaan ini tidak lain berasal dari para ulama salaf. Dimna mereka disebutkan didlam hadis adalah salah satu umat yg terbaik di zamannya, bagian dari generasi salafus sholeh.
Dan masing2 ijtihad mereka bernilai pahala benar maupun salah, benar mendapat 2 pahal, sedangkan salah mendapat satu pahala.
Wallahualam..
Kitab :
SERI FIQIH KEHIDUPAN
JILID 3 ( SHALAT )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar